6 Game Jadul PC Ringan Terbaik yang Tak Lekang Oleh Waktu

Siapa bilang nggak ada game jadul PC yang relevan dan masih bisa dimainkan oleh komputer atau laptop terkini? Kalau kalian berpikiran seperti itu, kalian harus mencoba beberapa game PC jadul. Apalagi buat kalian yang dulu belum punya cukup uang untuk membeli sebuah perangkat gaming yang mumpuni untuk gaming pada waktu itu, kalian bisa mencobanya sekarang. Ada beberapa game PC jadul yang secara visual masih enak dinikmati pada hari ini. Walaupun di antaranya ada yang belum mendukung resolusi sekarang (seenggaknya resolusi Full HD). Contohnya adalah Crysis yang merupakan game yang terhitung berat pada masanya.

PC gamers yang bisa main game ini pada setting grafis terbaik adalah minoritas. Gimana enggak, minimal, untuk memainkan Crysis pada resolusi yang mumpuni dengan konfigurasi grafis rata kanan, kalian harus memiliki kartu grafis dengan harga puluhan juta dan processor high-end. Nah, ini mungkin kesempatan kalian untuk memainkan Crysis pada settingan high bahkan pada resolusi 1080p. Game seperti ini sekarang bisa dimainkan PC harga 5 hingga 6 jutaan. Baca: Game PC Ringan Terbaik.

Game Jadul PC

Kalian ingin bernostalgia atau ingin memainkan game yang belum sempat kalian mainkan beberapa tahun atau setahun dekade lebih lalu. Ada beberapa game jadul yang kami rekomendasikan. Mau tahu apa saja? Yuk baca artikel Sobatgame kali ini hingga akhir.

Rekomendasi 10 Game Jadul PC Ringan Terbaik

1. Game Jadul PC: Half-Life 2

Pada masanya ada 3 game FPS yang menjadi ancaman para PC gamers agar mereka sesegera mungkin mengupgrade PC-nya di antaranya adalah Half-Life 2, Far Cry, dan Doom 3. Di waktu itu, untuk memainkan ketiga game jadul tersebut para PC gamers harus memiliki spesifikasi yang mumpuni, terutama kartu grafisnya. Half-Life 2 yang menjadi salah satu ketiga game FPS tersebut yang tentunya menjadi omongan para media dan PC gamers. Game ini tampil dengan ekspresi wajah yang begitu ekspresif. Hal ini bisa menandakan awal evolusi grafis dunia teknologi video game. Protagonis utama Half-Life 2 masih diisi oleh Gordon Freeman, lelaki berkaca mata dengan armor berlogo lambda. Keunggulan game ini bukan hanya grafisnya, gameplay dan storynya pun sangat seru untuk diikuti.

Game Jadul PC

2. Game Jadul PC: Doom 3

Selain Half-Life 2, Doom 3 adalah ancaman para PC gamers. Hal ini karena Doom 3 menawarkan teknologi grafis yang cukup revolusioner pada masa itu. Sebagai game dengan grafis yang sangat keren pada masanya, tentu Doom 3 memperoleh banyak penghargaan. GameSpot bahkan menyatakan bahwa Doom 3 menawarkan grafis yang sangat atmosferik yang membuat suasana menyeramkannya semakin hidup. Karena kesuksesannya ini, id Software merilis expansion pack-nya dengan nama, Resurrection of Evil.

Game Jadul PC

3. Game Jadul PC: Far Cry

Bersama dengan kedua game yang kami sebutkan di atas, Far Cry juga menuai decak kagum karena grafisnya yang sangat aduhai. Mungkin alasan ketiga game tersebut menjadi Game of the Year pada saat itu karena ketiganya menawarkan latar dan atmosfer yang berbeda. Ketika Doom 3 menawarkan atmosfer seram dan Half-Life 2 menawarkan dunia fiksi ilmiah, Far Cry menyajikan sebuah cerita yang berlatar belakang di pulau tropis penuh dengan tumbuhan dan pohon-pohon. Selain itu, Far Cry juga menawarkan gameplay yang cukup komplit. Kalian bisa menggunakan kendaraan untuk membantu menjelajah pulau tropis nan luas.

Game Jadul PC

4. Game PC Jadul PC: Crysis

Setelah sukses dengan Far Cry, sebuah pengembang bernama Crytek merancang sebuah game yang memberikan terobosan grafis yang sangat realistis pada masanya. Bahkan laptop keluaran sekarang ada yang masih ngos-ngosan menjalankan game ini. Alih-alih masih bekerja sama dengan Ubisoft sebagaimana game pendahulunya, pada game ini Crytek meminta EA untuk mempublikasikan game mereka. Dalam Crysis, Crytek ini mencoba membawa kembali para PC gamers ke pulau tropis. Berbeda dengan Far Cry, dalam game ini kalian dilengkapi dengan sebuah armor dengan teknologi canggih.

Game Jadul PC

5. Game PC Dulu : Warcraft III

Jika menyebut salah satu game RTS legendaris, jangan pernah lupakan Warcraft III. Walaupun game ini digarap ulang dengan engine grafis yang lebih baru, versi originalnya nggak akan pernah dilupakan. Apalagi mengingat Warcraft III adalah cikal bakal DOTA. Walaupun DOTA belum ada, banyak gamers yang memainkan Warcraft III secara multiplayer. Memang benar, gameplay Warcraft III begitu seru apalagi dimainkan bersama teman-teman.

Game Jadul PC

6. Game PC Dulu: Battle Realms

Bagi kalian yang sering banget nge-game di warnet atau game center circa 2000an, pasti nggak asing dengan Battle Realms. Tema yang diambil oleh game jadul satu ini juga cukup unik, yakni tema oriental. Cerita dari mode campaign yang disajikan oleh Battle Realms juga seru untuk diikuti. Kalian akan bermain sebagai seorang jagoan bernama Kenji dari klan Dragon. Nggak cuma mode campaignnya yang seru, mode skirmish atau multiplayernya juga seru dimainkan. Yang unik dari game ini adalah, kalian bisa menjadikan seluruh populasi menjadi apapun. Mulai dari petarung hingga cuma menjadi petani yang hanya bekerja menanam beras dan mengangkut air.

Game Jadul PC

Kesimpulan: Ada Rekomendasi Game Jadul PC Lain?

Sebenarnya masih banyak game jadul yang menarik untuk dimainkan. Apalagi menarik mundur ke belakang lagi, pasti masih ada banyak game yang menarik untuk dimainkan. Kalau kalian ada list game jadul kalian, coba kalian tulis di kolom komentar.

Leave a Comment